Berbagai macam jenis mesin cetak offset

Berbagai macam jenis mesin cetak offset

Berbagai macam jenis mesin cetak offset

Cara kerja dari mesin cetak offset bisa terbilang cukup rumit dengan prosesnya cukup lama. Namun tahukah anda, untuk dapat bekerja sesuai dengan fungsi yang sebenarnya, mesin cetak ini terdiri dari beberapa komponen. Dari masing-masing komponen ini terdapat fungsi dan cara kerja yang berbeda.

  1. Silinder Plat. Komponen pertama yang terdapat pada mesin cetak adalah silinder plat, yaitu sebuah roll dengan bentuk silinder yang berfungsi sebagai rumah untuk plat cetak.
  2. Komponen silinder blanket. Selanjutnya terdapat komponen silinder blanket yaitu sebuah roll silinder yang berfungsi sebagai perantara atau peralihan tinta dari plat cetak ke media yang akan masuk proses cetak.
  3. Bagian silinder impression. Bagian yang terdapat pada mesin percetakan offset  selanjutnya adalah silinder impression. Sebuah rool silinder yang memiliki fungsi sebagai tempat peletakan bahan media yang akan masuk proses percetakan.
  4. Silinder tinta. Komponen satu ini berfungsi sebagai tempat untuk memasukkan tinta cetak.
  5. Silinder sir. Komponen yang terakhir ialah silinder air yang menjadi tempat memberikan air untuk mengisi bagian kosong atau yang tidak terkena tinta cetak.

Jenis-jenis mesin cetak offset

Setelah mengetahui seluruh komponen yang terdapat pada mesin cetak offset, berikut terdapat beberapa jenis mesin percetakan offset yang ada terjual di pasaran berdasarkan bentuk serta kemampuan. 

  1. Mesin cetak offset kecil

Jenis yang pertama adalah mesin offset kecil yang mana mesin ini memiliki bentuk lebih kecil dari mesin offset yang lainnya. Kemampuan mencetak dari mesin ini memiliki maksimal hanya ukuran kertas A3 (297 x 420 mm). Karena memiliki bentuk yang kecil serta ukurannya lebih besar dari mesin stensil, maka mesin ini sering juga disebut dengan mini offset atau desktop mini offset.

  1. Mesin offset sedang

Jenis selanjutnya adalah mesin offset sedang, dimana mesin ini memiliki bentuk yang lebih besar dengan kemampuan mencetak kertas berukuran double folio.

  1. Mesin offset besar

Jenis terakhir ialah mesin cetak offset besar yang memiliki kemampuan mencetak pada kertas dengan ukuran A1 9841 x 594 mm) dan A0 (1189 x 841 mm). Karena jenis mesin ukuran besar, mesin ini sering digunakan pada percetakan dalam skala besar dan juga percetakan untuk surat kabar atau koran.  

admin

Printing

No description. Please update your profile.

LEAVE COMMENT

Copyright © 2020 The Black Cadillacs | Privacy Policy